Pemasaran OnLine Menggunakan Media

1. Pengertian Media Sosial
  • Sosial Media adalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial termasuk facebook, LinkedIn dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. 
  • Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan sosial media sebagai
    "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi
    dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran isi
    dalam media social yang dapat dilakukan oleh para pengguna terdaftar (usergenerated
    content)".
  • Kesimpulan : Sosial Media sebuah media online yang para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi dengan banyak orang dan aplikasinya berbasis internet yang dibangun atas dasar ideologi dan teknolgi. Adapun macam-macam media sosial yaitu blog, wiki, dan lain-lain.

 2.  Pemanfatan Viral Marketing 
  • Viral Marketing biasanya disebut dengan iklan virus,yang berisi tentang istilah-istilah
    yang mengacu pada teknik pemasaran yang menggunakan layanan jejaring
    sosial yang sudah ada dan teknologi lainnya untuk menghasilkan peningkatan
    kesadaran merek atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti
    penjualan produk) melalui proses virus mereplikasi diri, pemasaran viral ini sering
    dianalogikan dengan penyebaran virus atau virus komputer (melalui internet  dan
    jaringan lokal) yang terutama dikenali oleh sebagian besar antivirus yang dikenal
    juga sebagai pendeteksi akses halaman web (web phising). Viral marketing dapat berupa klip video, game interaktif Flash,
    advergames, ebooks, software brandable, gambar, pesan teks,
    pesan email, atau halaman web. Istilah " VRL marketing " juga telah digunakan untuk merujuk kepada pengertian yang merendahkan kampanye pemasaran, seperti
    penggunaan yang tidak bermoral (stealth astroturfing) secara online
    dikombinasikan dengan iklan  undermarket [memerlukan klarifikasi] di
    pusat perbelanjaan untuk menciptakan kesan kata-kata spontan secara
    antusias.
  • Tujuan utama dari pemasar adalah menarik perhatian pelanggan
    dalam menciptakan program viral marketing yang sukses adalah
    untuk membuat pesan viral yang menarik bagi individu dengan
    potensi jaringan sosial potensial (JSP) dan yang memiliki
    probabilitas tinggi yang disajikan dan disebarkan oleh orang-orang
    dan pesaing mereka dalam komunikasi mereka dengan orang lain
    dalam waktu singkat.Pemasaran Viral dilakukan dengan cara menyebarkan informasi melalui
    pemanfaatan database pengguna Internet dengan status ‘free’ (gratis) yang telah
    terdaftar dan digunakan secara massal. Contoh yang dapat diambil adalah situs
    web surat elektronik gratis seperti Yahoo!, Hotmail, dan GMail, yang selain
    memberikan pelayanan email gratis, juga memberikan berbagai penawaran
    produk bersamaan dengan layanan email tersebut.
Untuk melakukan viral marketing dapat bekerja dengan baik  maka perlu
dilakukan penyampaian informasi yang sebenarnya kepada calon penerima
pesan dan dilakukan dilingkungan yang tepat bagi mereka sebagai calon
pelanggan. Sebagaimana disampaikan professors Andreas Kaplan dan Michael
Haenlein, dengan mengenal tiga bagian berikut;
  1. Penyampai Pesan: Ada tiga tipe tertentu dari utusan yang diperlukan
    untuk memastikan transformasi pesan biasa yang dikenali sebagai sebuah virus:
    para ahli pasar, hub sosial, dan penjual.
  2. Pesan: Hanya pesan yang mudah diingat dan cukup menarik untuk dapat
    diteruskan kepada orang lain yang memiliki potensi untuk memacu fenomena
    viral marketing. Membuat pesan lebih berkesan dan menarik atau hanya lebih
    menyebar, seringkali bukan soal perubahan besar tapi sedikit penyesuaian
    tentang gaya informasi yang lebih layak untuk dapat disampaikan pada area
    jejaring social yang lebih dikenali karakteristiknya dengan gaya pesan tertentu.
  3. Lingkungan: Lingkungan sangat penting dalam kebangkitan viral
    marketing yang sukses - perubahan kecil dalam memimpin lingkungan untuk
    dapat memperoleh hasil yang besar, dan orang-orang yang jauh lebih sensitif
    terhadap lingkungan. Waktu dan konteks peluncuran kampanye pesan dapat
    disampaikan dengan benar. 
Berbagai media yang sering dilibatkan dan dimanfaatkan oleh Viral marketing,
antara lain sebagai berikut;
  • Layanan partisipasi pelanggan dan polling
  • kontribusi organisasi-Industri khusus
  • mesin pencari internet dan blog
  • integrasi smartphone Ponsel
  • Beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsung
  • layanan web target pemasaran
  • Search engine optimization (SEO)
  • Sosial media optimasi (SMO)
  • Televisi dan radio 
 Target Pemasaran Viral didasarkan pada tiga prinsip penting, antara lain :
  •  Berkumpulnya Profil dalam media sosial
  •  Kedekatan Analisis pasar
  •  Analisis Real-time ketepatan Kata kunci  
3. Macam-macam pemasaran melalui media sosial (facebook,linkedin, twitter, pinterst)  
  • Facebook adalah sebuah platform khusus yang populer digunakan untuk hiburan maupun bisnis.  Orang menggunakan Facebook sebagai cara menggunakan jejaring sosial untuk bisnis. Facebook dapat dijadikan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan visibilitas
    bisnis anda di web. Iklan di jaringan sosial telah menjadi lebih mudah dengan
    menggunaka Facebook. Secara harfiah Facebook merupakan alat yang
    luar biasa untuk bisnis Anda. Untuk mulai dengan pemasaran melalui Facebook,
    anda harus langsung terhubung dengan klien melalui Facebook. Semakin anda
    terhubung dengan klien, makin kuat relasi anda. Pada saat yang sama anda
    harus ingat bahwa pemasaran dengan Facebook bukanlah pengganti dari setiap
    alat pemasaran lain yang telah anda gunakan sejauh ini. Anda harus selalu
    menggunakannya bersama dengan alat pemasaran lainnya.
Beberapa hal yang perlu anda perhatikan :  
  1. Gunakan Tab Customized: ketika anda membuat halaman bisnis andadi Facebook, anda dapat melihat bahwa halaman bisnis dilengkapi dengan sejumlah tab yang dapat disesuaikan. Anda akan menemukan area posting (wall) antara tab di mana anda dapat menempatkan komentar dan posting. Ada juga tab Info dimana anda dapat menempatkan informasi umum tentang bisnis anda. Selain itu Facebook juga memiliki tab selamat datang yang dapat menyertakanlink ke segala macam produk serta layanan dan isi dalam jumlah besar.
  2. Tujuan dari Halaman Bisnis: Anda harus selalu memahami persis
    mengapa Anda membuat halaman bisnis dan tujuan utamanya. Anda harus
    memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan pemasaran bisnis Anda. Hal ini
    sangat berguna karena target pasar Anda akan memiliki reaksi yang sangat
    positif dalam penggunaan Facebook untuk bisnis Anda. 
  3. Mengubah Urutan Tab Facebook: Anda harus mengatur urutan tab
    Facebook Anda untuk membuatnya logis dalam pandangan para calon
    pelanggan.
  4. Konsistensi dalam Posting Konten: anda juga harus menjaga konsistensi dalam posting isi halaman bisnis anda. Jika anda membuat halaman dan menampilkan tentang hal yang sama maka halaman tersebut tidak akan menghasilkan apa-apa. Anda harus sering login dan memperhatikan tampilan dan fitur-fitur  platform, dan penting untuk diperhatikan bahwa Anda perlu berkomitmen mengenai kehadiran anda di media sosial ini. Anda harus sering login dan memperhatikan tampilan dan fitur-fitur  platform, dan penting untuk diperhatikan bahwa Anda perlu berkomitmen mengenai kehadiran anda di media sosial ini. 
  5. Tetapkan Tujuan yang realistis. Jangan berharap untuk mendapatkan
    ribuan penggemar dalam bulan pertama Anda, tetapi berpikirlah realistis dengan
    puluhan atau ratusan dahulu, yang penting mulai dulu dari yang kecil untuk
    pencapaian yang besar di masa mendatang.
  6. Luangkan sedikit Waktu anda: Cobalah untuk menyisihkan waktu anda,
    paling tidak satu jam sehari untuk update posting facebook tentang bisnis anda
    dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan penggemar. 
  7. Pelajari sebanyak yang Anda bisa: Ambil catatan berdasarkan
    pengalaman Anda dengan halaman Facebook dan layanan bisnis lainnya -
    setidaknya, tulislah pertanyaan tentang hal-hal yang Anda tidak mengerti
    sehingga Anda dapat membuat catatan untuk dapat anda lihat jika nanti
    diperlukan. Anda dapat mencari banyak informasi dengan search engine google,
    yahoo atau bing atau bisa juga bertanya pada yang sudah paham tentang
    facebook marketing.
  8. Mulailah dengan anggaran kecil: Anda dapat memulai melakukan iklan
    tes kecil untuk melihat seperti apa hasilnya dengan pengeluaran yang dibayarkan
    untuk iklannya, efektif atau tidak, dan kemudian anda dapat meningkatkannya
    ketika Anda mengetahui mana demografi dan kata-kata kunci yang ingin Anda
    targetka dan dapat menghasilkan return of investment (ROI) yang bagus.
  9. Buatlah Halaman Fanpage bukan Profil: Jangan membuat profil baru
    untuk bisnis anda, karena itu menyalahi aturan, jadi buatlah halaman fanpage untuk bisnis anda. Setelah anda buat fanpage, undanglah semua teman-teman anda agar menjadi fans pertama dari halaman facebook anda.
  10. Update Status Dengan Yang Keren-keren: Update-lah status facebook fanpage anda dengan status keren dan cerdas yang bisa mendorong teman Anda untuk terlibat aktif dengan halaman bisnis Anda.Hal ini akan membuat status facebook anda banyak yang memberikan respon (like). Sapa Fans Anda:  Kirim ucapan terima kasih tepat setelah seseorang mengklik "Like" pada  halaman Anda, dan usahakan menanggapi pesan dan postingan di dinding  paling lama 24 Jam. Perhatikan baik-baik apa yang dilontarkan atau yang  disarankan oleh fans halaman facbook bisnis anda, dari sana anda akan mebuat  fanspage lebih aktif dan berkembang.
  11. Jangan kirim spam: Orang-orang telah cukup banyak menerima spam di email atau Inbox mereka, dan pastinya akan sangat terganggu jika anda ikut-
    ikutan mengirimkan pesan langsung ke inbox/email mereka. Jika ada sesuatu  yang mau disampaikan, cukup tuliskan di status anda. 
  12. Promo Kupon Diskon: Berikanlah kupon diskon untuk menarik peminat pembeli anda, agar mereka berminat untuk membelinya / berlangganan di tempat anda. Lakukan secara berkala agar pelanggan yang sudah ada tetap loyal dengan bisnis anda.
  13. Tawarkan membership: tawarkan membership atau keanggotaan dengan berbagai macam tawaran menarik jika menjadi anggota dan  berlangganan di tempat anda, yang tidak bisa didapatkan kalau hanya membeli  putus saja, hal ini akan mempercepat perkembangan bisnis anda menjadi lebih besar. 
4. Pemasaran menggunakan Media Video
         Video merupakan tampilan yang paling menarik dan lebih mempengaruhi calon pelanggan daripada teks dan gambar diam.Membuat article video untuk pemasaran merupakan model yang sangat menjanjikan untuk melakukan pemasaran dan iklan melalui media internet yang dibuat dalam durasi yang relatif singkat, sekitar 2-5 menit video tentang topic yang spesifik dengan menggunakan konten tentang artikel dan sumber teks yang lain. Kemudian video diupload ke berbagai situs video sharing seperti youtube untuk didistribusikan ke berbagai masyarakat, baik secara terbatas di jejaring social, maupun media social dan website atau blog dengan menyisipkan link ataupun embed (sisipan video).
         Mengkonversi data teks dan gambar dapat dilakukan dengan beberapa cara untuk menjadikan artikel tersebut menjadi bentuk video. Cara yang paling tradisional adalah dengan membuat presentasi powerpoint dari artikel asli, yang pada dasarnya mengubah teks artikel ke dalam slideshow animasi. Gambar yang relevan akan ditambahkan ke slide dan suara akan direkam selama setiap slide untuk menciptakan narasi voice-over untuk video.
         Pemasaran menggunakan video merupakan perluasan model pemasaran tetapi berfungsi sebagai media alternatif bagi perusahaan atau lembaga untuk menyampaikan pesan mereka kepada masyarakat yang lebih luas, dan mendapatkan lebih banyak tanggapan. Menjadikan media audio visual, yang merubah artikel menjadi video dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membaca artikel tentang penyampaian pesan atau iklan. 
Beberapa perangkat lunak opensource/freeware yang dapat kita gunakan untuk mengolah video sebagai media pemasaran adalah sebagai berikut; 
  • Avidemux (http://avidemux.sourceforge.net/download.html - win, linux) 
  • Blender (http://www.blender.org/download// - linux, windows, mac)
  • Cinelerra (http://cinelerra.org/getting_cinelerra.php - linux )
  • Kdenlive (http://kdenlive.org/ - linux, mac)
  • Kino (http://www.kinodv.org/article/static/1 - linux)
  • LiVES ()
  • OpenShot (http://www.openshot.org/download - linux)
  • VirtualDub (http://www.virtualdub.org/download.html)
  • VirtualDubMod (http://www.videohelp.com/tools/VirtualdubMOD)
  • Debugmode Wax ()
  • Lightworks (http://www.lwks.com)  
  • Pinnacle Videospin (http://videospin.en.softonic.com)
  • Smartpixel ()
  • VideoThang () 
  • Windows Movie Maker (http://www.windows-movie-maker.org/)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar